Lives. Stories and Ideas

Tulisan, The Termendeus Local Bag

by Reska Donaga 3 weeks ago

Ini Reska, disini sekarang gue lagi ngobrol sama bojo tentang brand tas yang di sukai dan mengkoleksi beberapa. Namanya Tulisan, semenjak nikah gue memperhatikan disaat dia beli tas, bukan Hermes, bukan Louis Vuitton atau Prada yang di beli, sekali lagi namanya Tulisan. Karena usut punya usut ternyata harga tas Tulisan ini uda mahal banget di jaman dia kuliah, kata bojo"

Ukuran mahalku simpel kok yaitu "aku ngga sanggup beli cash dua biji"

Kata bojo "Ownernya namanya Melissa Sunjaya, aku sih ngga kenal Res, yang aku tahu dia itu local artist dan tas ini salah satu karya lukisan dia"
"Oo menarik juga yaa, ada yang kaya begini, anak muda Jul atau uda senior?"
"Kayanya umurnya di atas kita, tapi orangnya kelihatannya gaul gitu" Bojo sotoy.
"aku kira masih muda atau dibawah kita Jul, harganya mahal ngga?"
"Menurutku ngga mahal Res, tas Tulisan termahal yang pernah aku lihat ngga sampai empat juta rupiah"
"Ooo aku kira uda double digit gitu, lumayan bagus juga ya Jul brand lokal bisa bikin begitu"
Setelah gue observasi, sejak dulu gue lihat Tulisan ini desainnya selalu bagus-bagus, beberapa kali gue ke offline store nya, semua koleksinya unik-unik.

Kita ngobrol ngalor-ngidul tentang brand Tulisan dan Melissa Sunjaya, gue juga mulai searching di goolge cek websitenya, baca beberapa artikel tentang founder dan brand ini dan gue menyimpulkan bahwa Tulisan ini adalah salah satu brand yang punya kualitas produk yang bagus, desain yang unik dan branding yang keren. Ada beberapa poin yang menarik menurut gue dari obrolan kita tentang brand Tulisan ini.

  • Affordable price

Affordable means, you get more than you worth

Dalam bahasa Indonesianya, kualitas tas yang diberikan Tulisan ini lebih dari harga yang ditawarkan. Percayalah di setiap tas-tas perempuan pasti ada taste seorang designer yang menjadi salah satu kunci apakah tas ini akan digandrungi atau ngga. Taste yang Mba Melissa kasih menurut gue dan bojo lebih dari harga jualnya.

  • Design Art

Ini berhubungan dengan hal yang paling basic dan fundamental. Yang kita lihat dari desain tas Tulisan

It is a beauty painting art which looks calm, simple and warm contrast color, combine with simple and compact design

Kata bojo, Ini kombinasi yang termasuk dalam kategori weird genius menurutku. aku merasa mba Melissa menggunakan media tas ini untuk menjadi kanvas untuk menyalurkan hobi melukisnya dan menurutku seleranya unik banget. Aku suka di saat dia menggunakan warna nyala yang biasanya aku melihatnya sebagai warna norak tapi Tulisan membuatnya terlihat elegan dan aku banget haha #lebay.

  • Brand Positioning

Ini hasil diskusiku dengan bojo, dalam sebuah produk selalu ada positioning, barang ini ditujukan untuk siapa, kalangan apa, ekonomi seperti apa, range umur berapa dan lain-lain. Tulisan ini menurut kita agak abu-abu, karena harga, desain dan cara me-marketingkannya punya cara yang ngga singkron. Secara harga dia ngga termasuk mahal untuk sebuah tas branded, secara kualitas dia lebih dari harganya bahkan bisa menyamai dengan brand tas yang harganya lima sampai delapan kali lipat. Secara marketing Tulisan masuk ke kalangan yang agak campur, di kalangan muda mereka masuk, dan di kalangan tua mereka pakai. Tapi setelah bertahun-tahun bojo mengamati brand ini. Positioningnya untuk orang-orang segala umur. Dan overall secara brand image mereka ini secara sengaja atau ngga sengaja terlihat cocok untuk perempuan yang mempunyai karakter

Calm and smart, and want to be different

Mungkin kalau ada brand ambassador, di kalangan anak-anak muda bisa pakai penyanyi Daniella, atau aktris Hannah Al Rasyid dan untuk kalangan empat puluhan bisa pakai aktris Cut Mini atau Dewi Irawan. Kurang lebih seperti itu.

Menurut cerita bojo, di beberapa waktu lalu, seorang temen deket aku bertanya

"Kenapa sih mau beli tas Tulisan, kan harganya mahal Jul?"

Btw orang yang menanyakan pertanyaan ini termasuk orang dengan ekonomi yang menurutnya diatas rata-rata. Dan jawaban bojo

Karena harga itu sama relatifnya dengan taste

Gue suka jawabannya, apalagi dia pasti jawabnya sambil nyolot!
Tiga poin diatas tentang harga, produk dan brand, terakahir tentang cara mereka menjual dan bermain dengan price psychology. Sebelum bojo beli limited edition sound of dawn collection. Dia beli tas dengan desain yang sama dengan warna beda, kurang lebih harganya IDR 800k. Di dalam bag markets, menurut gue tas tulisan ini targetnya lumayan niche, ngga semua perempuan mau ngeluarin uang IDR 800k untuk beli tea bag dengan desain seperti itu.

Kesimpulannya tas ini tergolong mahal di luar sana karena orang ngga melihat value brand Tulisan ini seperti yang kita lihat meskipun menurut kita ini affordable price banget, dan memang kita rasa untuk menjaga kualitas dan brand itu sendiri jumlah setiap edisi tas dibuat tidak terlalu banyak.
Jadi jarang tuh ada kejadian disaat bojo ke mall tiba-tiba ketemu orang bawa tas yang mirip sama yang dia pakai, kebanyakan ketemunya sama orang yang pakai koleksi berbeda. Menurut bojo

Brand Tulisan ini seperti mempunyai sesuatu yang unik, mereka seperti punya dunia sendiri yang mereka yakini. Dan sepertinya apa yang mereka yakini sama persis dengan apa yang aku yakini.

NB: Nara Sumber "Tulisan Loyal Customer" the one and only sang bojo, Julia Hapasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

menu-circlecross-circle