Lives. Stories and Ideas

Ini Julia, Kalau aku biasanya belanja apa saja di Tokopedia! Aku tuh anak nya Tokopedia banget, hampir semua belanjaan bulanan beli online di tokopedia (pesan sponsor dari Reska). Kenapa? karena gampang, dan aku bisa menghemat waktu belanja tinggal klik-klik saja. Tapi sekarang untuk beli barang elektronik di tokopedia sedikit challenging nih! Karena jujur aku belum pernah belanja elektronik yang ukurannya besar di Tokopedia, seperti kulkas, TV, mesin cuci, dispenser, dan lain-lain. Memang sih ada di official store yang pasti aman, tapi sejujurnya aku masih ragu-ragu gitu, karena aku masih punya keinginan untuk pegang barang fisiknya sebelum beli. Jadi aku putuskan untuk survey dulu, dan ada satu toko yang aku ngga pernah kunjungi cabang nya di Jakarta tapi selalu jadi tempat rujukanku untuk beli barang elektronik sewaktu aku masih tinggal di Surabaya dulu. Nama toko nya adalah HARTONO, jelas banget yang punya namanya Pakde Hartono ya! Kenapa Hartono? Kalau di Surabaya Hartono itu termurah, terlengkap, dan service nya yang bagus sih, mba-mba, dan mas-mas yang jaga selalu informatif, dan membantu sekali. Jadi aku, dan Reska memutuskan untuk survey ke HARTONO di daerah Pondok Indah, begitu sampai buset ternyata gede banget tokonya! Beda jauh sama yang ada di Surabaya, begitu masuk langsung cuss ke tempat-tempat elektronik tujuan. Dan hasil survey membuktikan, tebakanku benar, untuk beberapa barang harganya lebih murah, dan aku makin percaya diri untuk beli kalau sudah pegang, dan liat langsung fisik barang. Tapi karena budget cekak, aku tetep harus bandingkan dengan online. Cara yang sering kami lakukan supaya selalu dapat harga yang terbaik untuk belanja elektronik, biasanya kami:

  • Catat merk, dan tipe Nya di Toko Offline
    Sewaktu survey aku membiasakan untuk mencatat semua tipe barang elektronik yang aku mau. Jangan lupa catat sedetail-detail nya. Contoh Mesin cuci Samsung WW75K52E0UW, nah tipe nya ini harus kalian tulis lengkap, dan yang penting juga, jangan lupa catat teknologi barang elektronik yang kamu mau beli, contoh AC dengan teknologi inventer. Kalau kamu lupa tulis itu, kalian bisa bingung karena sama-sama AC, dengan ukuran yang sama tapi harga nya beda jauh. Nah biasanya yang bikin harganya beda itu teknologi nya.

  • Bandingkan dengan Online
    Setelah di catat lengkap, langsung cuss buka tokopedia. Search saja sesuai dengan catatanmu, mulai dari merk, ukuran sampai tipe nya, dan jangan lupa masukan spesifik teknologinya, langsung keluar tuh hasilnya. Jangan kaget kalau harga online bisa lebih murah karena kemungkinan toko online ngga perlu masukin biaya sewa toko di harga jual barang, tapi online ngga selalu lebih murah. Banyak juga offline yang lebih murah, di Hartono aku juga menemukan barang yang harga nya lebih murah daripada di online.

  • Beli online, dan offline, dengan bijak
    Terakhir, barang sudah sesuai, dan harga sudah cocok. Tapi jadinya mau beli di online atau offline? Ada beberapa yang harus dipertimbangkan. Kalau aku memutuskan untuk beli yang barangnya besar-besar di Hartono, dan untuk barang yang ukurannya sedang di Tokopedia.

Kenapa ngga belanja semua di Tokopedia? Karena ada beberapa barang yang lebih murah di Hartono, dan kebetulan barang yang ukurannya sedang lebih murah di tokopedia, dan juga untuk barang-barang yang aku beli di Tokopedia memang adalah barang yang aku nyaman untuk beli di Tokopedia.

Remember, at the end of the day, always using your feeling.

Sebagai pertimbangan sebelum membeli, untuk dapat harga yang terbaik kalian bisa tetap cek di platform e-commerce yang lain. Tidak menutup kemungkinan ada yang lebih murah, tapi kalau kemarin sih, selama cek harga memang kebanyakan sama dengan toko yang ada di tokopedia dan banyak barang elektronik di tokopedia yang harganya cenderung lebih murah.
Menurutku, kalau kalian belum pernah belanja online, kalian bisa mulai belanja online dengan barang yang harganya lebih terjangkau. Karena kalian perlu merasakan user experience nya dulu, merasakan kemudahannya hingga bikin kalian nyaman dalam berbelanja online. Selama berbelanja online, jangan lupa kalau di Tokopedia ada free ongkir, dan cashback. Menguntungkan banget kan! Ingat jangan buru-buru memutuskan ya, ini demi dompet yang nyaman, dan aman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site! menu