Lives. Stories and Ideas

Road Trip Day 1, BSD-Malang, jauh dan mahal!

by Julia Hapsari 2 weeks ago

Ini Julia, jadi akhirnya memulai road trip berangkat di hari Minggu karena Reska ngga mau cuti. Simpel aja sih alesannya haha. 

Kita berangkat dari rumah di BSD jam 12.30 siang. Kita makan siang dan sholat dulu semua, dan biasanya abis makan siang, Lanang tidur siang cukup lama. Jadi itu strategi kita biar dia tidur di sepanjang perjalanan ini. Menurut Mba Google, perjalanan ini akan ditempuh selama 9,5 jam menuju Lawang, Malang, rumah orang tua Reska dan ini akan menjadi destinasi pertama kita sampai Jumat nanti. Insya Allah kita mau explore kuliner Lawang - Malang - Batu selama 5 hari ke depan.


Selama perjalanan kita cuma berhenti di rest area dua kali, yang pertama di rest area Karawang yang ada Starbucks karena kita butuh asupan kopi untuk melek. Nah, yang kedua, berhenti di rest area dekat Semarang, untuk makan bakso, minum teh panas dan ke toilet. Di rest area ini berhenti sekitar 45 menit sambil stretching badan juga sih. Di sini sekitar jam 17.00 - 17.45. Nah, ngga disangka, gw ternyata mabok gengs. Bolak-balik ke toilet untuk keluarin isi perut dari mulut. Norak memang saya. Udah lama ngga naik mobil jauh, jadi norak gini deh. Haha. 

Baru tiga jam perjalalan, gw udah pakai jaket dan gosok minyak angin andalan gw yaitu FreshCare extra hot! Yang iklannya ada mba Agnes Monika-nya itu lho. Jalanan tol menurut gw agak bumpy dan itulah yang memicu gw mabok darat. Jadi ke depannya, gw harus extra hati-hati mengingat perjalanan masih sangat lama dan panjang! Semoga kuat, sehat, amin!

Gw iseng aja nih mencatat semua pengeluaran kita pas tap kartu e-money di tol yang kita lewati. Ini rinciannya semoga membantu:

  • BSD:  22.000
  • Cikampek:  15.000
  • Palimanan: 107.500
  • Batang: 217.500
  • Banyumanik: 331.000
  • Sidoarjo:    4.500
  • Kejapanan:    9.600
  • Purwodadi:    3.500
  • Total: Rp 710.600

Untuk bensin, kita abis sekitar Rp 450.000 dari BSD ke Malang (Honda Brio), total biaya perjalanan kita kurang lebih 1.2 juta IDR. Secara perhitungan matematika, menurut gue perjalanan menggunakan mobil ngga terlalu mahal dan lebih menguntungkan, karena jika gue menggunakan bis eksekutif, biaya tiket 1 orang JKT-MLG 400 ribu IDR, berarti total bniaya kurang lebih 1.6 juta IDR jika naik bis, bisa save 400 ribu IDR, Alhamdulillah. Oo ya kata Reska, kalau kalian mau ke Malang atau Batu biaya tol nya tinggal tambah 35 ribu rupiah, jadi total kurang lebih 750 ribu untuk tol dari BSD-MLG atau BATU.

Waktu menempati pukul 23.00, akhirnya sampai rumah Nenek Malang, total perjalanan BSD-MLG 10.5 jam, not bad lah! Lanjut bersih-bersih badan, makan rawon kuah anget dan bobo.

Sekian untuk hari pertama! Sampai jumpa besok!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

menu-circlecross-circle