Lives. Stories and Ideas

Kopi Susu terotentik Bandung

by Reska Donaga 1 month ago

Ini Reska, Bandung kota dingin, tetehnya geulis-geulis dan selalu menjadi tempat favorit untuk liburan. Di kota ini gue punya satu tempat coffee shop yang wajib gue kunjungi karena mereka punya salah satu kopi susu terbaik yang pernah gue rasain.

Toko Kopi Djawa

Toko kopi yang pertama kali dibuka di tahun 2017 lokasi di Braga, menggunakan bekas toko buku legendari "Toko Buku Djawa yang sudah ada dari tahun 1955. Nama tokonya juga ngga berubah tetap menggunakan Djawa. Salah satu andalan gue adalah kopi susunya, kopi susu yang harus gue beli setiap gue ke Bandung.

Harganya cuma 25K IDR, plus extra shot 5k IDR karena kebetulan gue suka yang agak pahit legit dan ngga terlalu manis, jadi total 30k IDR. Rasanya otentik, gula aren menambah rasa legit, kopi expresso yang ngga terlalu kuat dan susu diamond. Outputnya rasanya ngga terlalu manis, ngga terlalu pahit dan ngga terlalu creamy. Rasanya selalu pas dan konsisten dari waktu ke waktu.

Satu lagi yang selalu menemani kopi susu Djawa, "Donat Gula Putih". Untuk dapetin donat ini, harus datang sebelum makan siang karena biasanya selalu habis dengan cepat. Donatnya empuk banget, daging tengahnya lembut dan taburan gula putih bubuknya ngga pernah berlebihan, secara harga juga ngga terlalu mahal. Satu donat hanya 10k IDR, disajikan di atas lepek keramik jadul (piring kecil).

Kombinasi dua hal ini bagaikan merasakan kenikmatan disaat "minum Cocacola setelah merasakan kegurihan kulit dan daging ayam KFC". Jadi habis makan donat gula putih kemudian minum kopi susu djawa yang rasanya pahit legit, rasanya selalu pas!

Satu hal yang juga ngga kalah pentingnya, kopi akan menjadi lebih nikmat disaat ambience sekitarnya mendukung. Konsep Toko Kopi Djawa ini mengusung design etnik, memanfaatkan bangunan tua bekas toko Buku legendaris Toko Buku Djawa, dan dihiasi dengan interior kombinasi antara meja jati mengkilat, taplak rajutan, rak buku menggantung di tembok putih yang warna pudar menjadi terlihat seperti krem dengan buku-buku tua yang tetap diatur berantakan dan ada beberapa tanaman yang menghiasi beberapa sudut ruangan.

It is nice ambience with authentic coffee and sweet donuts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One comment on “Kopi Susu terotentik Bandung”

menu-circlecross-circle