Lives. Stories and Ideas

#AboutLife, Book of Tere Liye

by Reska Donaga 2 months ago

Ada masanya kita hanya butuh diam.
Tidak bicara apa pun, tidak bicara pada siapa pun.
Cukup direnungkan dalam-dalam,
kemudian kita akhirnya paham banyak hal.

Kalimat awal yang gue baca dibalik buku Tere Liye di Gramedia BSD. Langsung mengena di hati rasanya, kutipan itu benar adanya. Btw, ini Reska dan gue baru selesai baca buku ini dua jam setelah gue sampai rumah dari Gramedia.

Buku ini isinya tentang kutipan-kutipan kata dan kalimat yang Tere tulis dengan rapi. Secara konten hampir semua relate dan menggugah otak, pikiran dan hati. Di satu sisi lainnya ada efek meng-iyakan dan meng-tidakan dengan beberapa kutipannya. Ini salah satu kutipan yang gue sangat meng-iyakan tanpa ragu

Orang kuat bukan berarti selalu kuat. Tidak.

Melainkan dia tahu sekali kapan harus berjuang habis-habisan,
kapan harus siap tulus melepaskan.

Tidak semua orang harus bisa mengerti apa yang kita lakukan
pilihan yang kita buat, atau keputusan yang kita ambil.

Tapi tidak mengapa. Jika kita yakin itu benar, jalani saja dengan yakin, besok lusa akan lebih banyak paham.

Dan masih banyak lagi kalimat lainnya yang terasa sangat relate untuk di-iyakan. Banyak hal yang sesuai tapi ga semua bisa masuk hati, beberapa ada yang menggugah emosi dan tiba-tiba mengingatkan dengan suatu hal lampau.

Terkadang kita terlihat kuat bukan karena kuat sungguhan, tapi karena kita tidak punya pilihan lain, hanya itu yang tersisa.

Maka, tidak mengapa. Besok-besok semoga kita jadi kuat sungguhan, dan itu menginspirasi orang lain.

Secara garis besar buku ini seperti memberikan energi untuk berpikir kembali terhadap sesuatu yang ga kita sadari tapi ada nyatanya. Sesuatu yang terjadi di samping kita tapi ga pernah memikirkannya. Kata-kata simple yang mempunyai tingkat relatifitas yang cukup tinggi, beberapa kalimat mengandung kebingungan tentang iya atau tidak dan benar atau salah. Di sisi lainnya, memunculkan emosi yang ga perlu, mungkin efek terlalu relate yang mungkin sebelumnya sudah disadari dan ga mau dipikirkan, tiba-tiba harus dipikirkan karena sudah terbaca karena ketidaksengajaan. Buku ini ringan disaat hati kita ikhlas menerimanya dan akan terasa berat jika kita menyangkalnya, meskipun kita tahu itu benar adanya. Kata-katanya indah, tapi di atas keindahan itu ada kebenaran yang ga bisa di tolak. Terakhir dari About life, Tere Liye.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

menu-circlecross-circle