Lives. Stories and Ideas

Ini Reska, Alhamdulillah berkesempatan mengunjungi Ubud tahun ini. Tempat sunyi yang biasanya gue gunakan untuk bersemedi, retrospeksi tentang perjalanan tahun ini dan merencanakan tentang apa yang akan gue lakukan di tahun depan. Tahun 2019 yang lalu, gue, bojo dan Lanang juga sempat mengunjungi tempat ini untuk sprint 2020, merencanakan semua rencana tahun 2020. Meskipun covid melanda dan membuat banyak rencana kita ngga terlaksana tapi bisa kembali lagi kesini merupakan sesuatu yang harus kami syukuri.

Alhamdulillah"

Di Ubud kali ini, kita berkesempatan untuk menginap di salah satu hotel terkenal di Ubud, "Alila Ubud Hotel"

  • Building & Environment
    Gedungnya cukup tampak lama, mungkin lebih dari 10 tahun berdiri. Lingkungan pegunungan hijau mengelilingi sekitar hotel ini. Untuk masuk ke lokasi hotel ini, kita harus melewat sekitar 1km jalan di tengah sawah luas. Lingkungan terawat dan bersih, meskipun secara keseluruhan bangunan, taman dan fasilitasnya terlihat lama tapi semuanya terawat dengan baik. Jalanan ini kalau siang hari, akan terlihat pemandangan yang bagus, kalau malem "spooky" karena jarang lampu jalan. Mau uji nyali, keluarlah malam hari!

  • Deluxe Room
    Disini ada beberapa pilihan kamar, mulai dari yang termahal Villa, Deluxe dan paling rendah Superior Room. Di Deluxe Room, luas sekitar 30 m2, dengan konsep classic old room dengan kombinasi tegel abu-abu lama, tembok putih-krem, interior furnitur dari kayu jati, lampu sorot remang yang dibalut dengan ukiran kayu dan kasur King size (King Koil) dengan bantal yang empuk banget. Semua furnitur terlihat lama, tapi sangat terawat dan bersih banget. Salah satu hal yang menarik buat gue, adalah kamar mandi dengan ukuran bathub yang besar dengan outdoor view bebatuan dan tanaman yang bikin mandi menjadi lebih tenang dan relax.

  • Facilities
    Hotel ini luas banget, secara fasilitas juga sangat lengkap. Ada Gym dengan alat yang lumayan, treadmill, dumble set dan chest press equipment. Disini kita bisa jogging dengan pemandangan sawah hijau yang jalanannya bersih dan terawat. Terakhir adalah fasilitas kolam renang ini dengan panjang 25 meter dengan pemandangan bukit hijau yang luas dan langit yang terbuka lebar, dan ini menjadi salah satu signature hotel ini karena bagus banget dipakai untuk foto-foto profesional atau prewedding.

  • Kolam Renang (Swimming Pool)
    Sedikit membahas tentang kolam renang, menurut gue ini menjadi salah satu daya tarik hotel ini. Luas, bersih, terawat dan dikelilingi oleh pemangan bukit-gunung dan pepohonan yang hijau. Terdengar suara air mancur yang sepertinya dibuat tapi terdengar alami dengan sautan suara hewan-hewan liar. Kalau pagi hari, entah kenapa airnya "anget banget", kata yang jaga disini kalau pagi hari airnya memang hangat, jadi kalau mau renang pagi-pagi nyaman banget dan ngga perlu takut kedinginan.

  • Gunung Perbukitan (Montain Hill)
    Hal yang gue suka disini adalah suasana adem, tenang, hijau dengan udara yang bersih. Semuanya terasa fresh dan relax disini. Gue bisa diam di depan kursi sambil menatap laptop berjam-jam sambil menikmati pemandangan hijau dan suasana yang adem. Banyak suara hewan liar, di siang hari ada suara monyet, burung liar dan di malam hari kita akan diiringi backsound jangkrik dan katak yang lumayan nyaring.

  • Monyet (Monkey)
    Omong-omong soal monyet, Ubud memang terkenal dengan tempat wisata monkey forest, Kalau menginap di hotel ini, sepertinya kita ngga perlu kesana lagi karena setiap hari gue bisa melihat monyet lalu-lalang di sekitar hotel. Dari penjelasan pegawai hotel, karena hotel ini letaknya di perbukitan, monyet menjadi salah satu pengunjung yang sering datang untuk mencari makan. Kebiasaan mereka, di pagi hari mereka akan ke bukit bagian utara untuk jalan-jalan, siang hari mereka akan kembali ke rumah, sore hari mereka akan mengunjungi hotel untuk mencari makan, dan malam hari mereka akan kembali kerumah untuk tidur. Jadi di setiap sore hari, gue pasti melihat monyet disekitar hotel, tenang aja mereka ngga gigit (aman) dan jangan khawatir para pegawai juga selalu membawa ketapel untuk mengusir monyet jika diperlukan. Pernah suatu sore, di depan kamar gue tiba-tiba ada monyet nongkrong, ahasil bojo dan Lanang teriak-teriak histeris padahal monyet nya chill aja tapi akhirnya untuk keamanan bersama kami telpon receptionist untuk bantu usir. Haha

  • Food and Restaurant
    Breakfast is very great, ala carte dengan menu sehat dan tradisional. Salah satu favorit gue adalah roti gandum dengan selai nanas dikombinasikan dengan kopi hitam pekatnya, enakk banget! Ada jamu yang berbeda-beda setiap hari, smoothies yang ngga terlalu manis dan healthy salad yang lezat banget. Untuk traditional food, nasi dan mie goreng ala Ubud masih jadi favorit, small size but delicious. Tempat breakfast adalah tempat favorit gue karena lokasinya semi outdoor, persis di depan kolam renang dan menjadi tempat favorit gue berlama-lama untuk kerja, baca buku dan nulis. Gue juga sempat pesan makanan lewat room service, salah satu yang jadi idola adalah pasta, simple and tasty. Overall the food is delightful.

  • Kekurangan (Weakness)
    Dari semua hal yang bagus, ada satu hal yang major yang lumayan mengganggu gue selama disini. Internet issue, gue lumayan struggling selama weekday. Sebetulnya koneksi internetnya bagus tapi hanya di beberapa spot aja, di kamar gue hanya bisa di bed room tapi begitu masuk kamar mandi no connection bahkan telkomsel gue juga ngga ada sinyal disitu. Padahal kamar mandi adalah salah satu the best place yang selalu gue pakai untuk nonton film dan nulis. Gangguan koneksi ini akan lebih parah disaat hujan, no connection at all, dead end! Jadi untuk punya rencana working while staycation disini mungkin akan sedikit challenging, apalagi disaat musim hujan!

  • Conclude
    99% semua menyenangkan disini, konsep dan susasana hotel ini cocok untuk pengunjung yang butuh ketenangan dan kedamaian atau mencari tempat untuk berpikir/introspeksi diri dan sangat cocok untuk pasangan muda yang ingin berdua atau honeymoon, you can get the best ambience and great hospitality. Kolam renang adalah the most favorite facility yang jadi bisa jadi tempat untuk bersantai, ngobrol, minum wine ataupun foto-foto. Meskipun 1% sisanya adalah kelemahan koneksi internet yang membuat gue lumayan strggling untuk bekerja tapi overall experience still the best.

Photos Alila Ubud


Lobby Hotel Photo


Deluxe Room Photo


Kolam Renang [Swimming Pool] Photo


Food and Restaurant Photo


Views and Scenery Photo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site! menu